Tips & Trick Masalah Pemrograman

MACAM-MACAM TEKNOLOGI PENGOLAHAN DATABASE

Teknologi Pengolahan Database. Hai sobat pecinta artikel script 13 kembali lagi bersama saya dan dengan artikel terbaru dari saya yang barguna bagi sobat semua, kali ini saya akan membahas mengenai berbagai macam teknologi pengolahan database. Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Saat ini kita sebagai seorang programmer, dalam membuat suatu database tentunya harus didukung oleh berbagai teknologi penunjang untuk mengolah sebuah database yang kita buat


Dalam mengolah database tentunya kita sudah tahu beberapa teknologi yang membantu kita dalam mengolah database seperti MySql, SqLite, Microsoft SQL Server, dan Oracle. Keempat teknologi tersebut merupakan beberapa alat pengolohan database yang paling sering ditemukan, akan tetapi masih banyak sekali alat pengolahan database yang mungkin kita belum tahu diantaranya
  1. IBM DB2
  2. PostgreSQL
  3. IBM DB2
  4. MongoDB
  5. WebDNA,
  6. Apache Derby
  7. Sybase
  8. CouchDB
  9. Redis
  10. Firebird

Dan itulah berbagai jenis alat/teknologi pengolahan database yang mungking jarang kita temukan atau jarang kita pergunakan. Setelah kita mengetahui jenis-jenis teknologi pengolahan database sekarang saya akan membahas setiap alatteknologi yang kita bahas diatas
  • MySQL


Merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Oracle (sebelumnya Sun dan MySQL AB). Merupakan pengolah database yang paling banyak digunakan di dunia dan lazim diterapkan untuk aplikasi web. Mysql sendiri sebagai alat / teknologi pengolahan database tidak bisa kita bilang sempurna, pasti selalu saja ada kelebihan dan kekurangannya dan dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurang dari MySql.

kelebihan Mysql 
  1. Mysql server bersifat open source dapat digunakan oleh perorangan atau instansi tanpa harus membelinya. Untuk versi komersial di tambah beberapa fitur dan dukungan technical support.
  2. Mendukung bahasa SQL (Stuctured Query Languange).
  3. Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
  4. Performance tuning’, MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
  5. Ragam tipe data. MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
  6. Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
  7. Performa tinggi, walaupun menampung jumlah database yang sangat besar tapi tidak mengurangi kecepatan dalam hal akses ke databasenya.
  8. Proteksi data, MySql menyediakan manajemen user dan enkripsi data.
  9. Lintas Platform, bisa digunakan di sistem operasi windows maupun linux.

kelemahan MySQL
  1. Data yang ditangani belum besar.
  2. Untuk konesi ke bahasa pemrograman visual seperti VB,Delphi,dan foxpro ,MySQL kurang suport. Karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini menyebabkan MySQL jarang dipakai dalam program visual.

  • SQLite


Merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh D. Richard Hipp. Dikenal sebagai pengolah database yang sangat kecil ukuran programnya, sehingga lazim ditanamkan di berbagai aplikasi komputer, misalnya di web browser. Database jenis ini juga biasanya digunakan oleh orang untuk aplikasi android. Sama seperti MySql SqLite pun tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurang seperti dibawah ini.

Kelebihan SQLite
  1. Karena hanya menggunakan operasi read/write tanpa adanya perantara proses server tesendiri, tentunya akan membuat performance yang ditawarkan oleh SQLite menjadi jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan database yang lain.
  2. Dengan sifat serverless dan zero confirguration, akan lebih memudahkan pengembang untuk melakukan migrasi dari satu environment ke environment yang lain. Cukup dengan copy paste file-file yang diperlukan maka aplikasi dan database kita akan termigrasi dengan mudah.

Kekurangan SQLite
  1. Ada beberapa syntax SQL standard yang tidak disupport oleh SQLite. Perintah right outer join misalnya, tidak disupport oleh SQLite (paling ndak sampai saat post ini ditulis).
  2. Security, karena berdasar operasi baca/tulis, maka security yang dimiliki oleh SQLite ya hanya read dan write yang didasarkan pada security file system environment yang digunakan.
  3. Reliability, untuk ukuran data yang kecil, reliability/ketahanan database SQLite mungkin lebih baik daripada database konvensional. Tapi untuk data besar hal ini akan sulit. Karena SQLite menggunakan operasi read/write secara langsung ke file. Sehingga ketika operasi write terjadi, seluruh file akan di-lockdan menyebabkan operasi yang lain tidak bisa berjalan.

  • Microsoft SQL Server


Merupakan aplikasi pengolah database yang dikembangkan oleh Microsoft dan bersifat proprietary (komersial),namun tersedia juga versi freeware-nya. Lazim digunakan di berbagai versi Microsoft Windows. Database ini hampir sama dengan mysql tapi masih mudah mysql dalam pembuatannya.
Microsoft SQL Server sendiripun memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan diantaranya.

Kelebihan Microsoft SQL Server
  1. Cocok untuk perusahaan dengan skala kecil, menengah, dan besar sehingga mampu untuk mengolah data dengan jumlah yang besar.
  2. Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses terhadap suatu database oleh database administrator.
  3. Untuk diterapkan pada pembangunan suatu program aplikasi, akan mudah dalam melakukan koneksi dengan computer client yang pembangunan aplikasinya menggunakan software yang sama platform dengan MS-SQL, misalnya Microsoft Visual Basic.
  4. Memiliki tingkat pengamanan / security data yang baik.
  5. Memiliki kemampuan untuk back-up data, rollback data, dan recovery data.
  6. Memiliki kemampuan untuk membuat database mirroring dan clustering.

Kekurangan Microsoft SQL Server
  1. Hanya dapat diimpelementasikan pada 1 unit server, jika terdapat tambahan server maka hanya akan berfungsi sebagai pasif / standby server (tidak memiliki kemampuan Technology Cluster Server seperti halnya pada DMBS Oracle).
  2. Hanya bisa berjalan pada satu platform system operasi yaitu Microsoft Windows.
  3. Merupakan software berlisensi dan berharga mahal untuk perusahaan skala kecil dan menengah.

  • Oracle


Merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat proprietary (komersial), dikembangkan oleh Oracle Corporation. Pengolah database ini terbagi dalam beberapa varian dengan segmen dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Database jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang besar karena database ini sangat mahal.
Beberapa jenis kelebihan dan kekurangan Oracle
Kelebihan Oracle
  1. Merupakan software DBMS yang handal dan memiliki kemampuan yang tinggi.
  2. Dapat menangani jumlah data dalam ukuran yang besar.
  3. Dapat mengolah data dalam ukuran besar dan mengolahnya dengan cepat sehingga didapatkan informasi yang akurat sesuai permintaan pengguna/user.
  4. Memiliki kemampuan akan fleksibilitas dan skalabilitas yang dapat memenuhi tuntutan akan data dan informasi yang bervolume besar dan terus-menerus bertambah besar.
  5. Memiliki kemampuan Technology Cluster Server, dimana jika terdapat lebih dari satu unit server misalnya 100 unit server maka Oracle dapat menjadikan 100 unit server tersebut aktif bekerja bersama sebagai 100 aktif server.
  6. Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses terhadap suatu database oleh database administrator.
  7. Bisa berjalan pada lebih dari satu platform system operasi.
  8. Pemrosesan data yang sangat cepat, open source.
  9. Oracle memiliki kemampuan flashback, sehingga semua jenis transaksi yang salah akan dapat dikembalikan. Dan dapat menampung data dalam sekala besar.
  10. dalam PvE maupun PvP, Oracle dapat meningkatkan kerja tim dengan berbagai buff.
  11. Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar)

Kekurangan Oracle
  1. Merupakan software DMBS yang paling mahal, paling rumit, dan paling sulit untuk dipelajari.
  2. Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan software DMBS Oracle supaya berjalan dengan stabil.
  3. Hanya diperuntukan bagi perusahaan berukuran besar, dan tidak cocok untuk perusahaan kecil maupun menengah.
  4. Data yang bertambah ukurannya akan mengalami kelambatan proses, jadi harus ada database management.
  5. Harga yang sangat mahal untuk sebuah database dan penggunaan Oracle sangat memakan banyak biaya, mulai dari device sampai diperlukannya DBA yang handal.
  6. HP dan pertahanan (DEF) yang tergolong sedang

  • IBM DB2


Merupakan aplikasi pengolah database yang dikembangkan IBM secara proprietary (komersial). DB2 terbagi menjadi 3 varian, yaitu DB2 untuk Linux – Unix – Windows, DB2 untuk z/OS (mainframe), dan DB2 untuk iSeries (OS/400).
Kelebihan dan kekurangan IBM DB2 diantaranya

Kelebihan IBM DB2
  1. Mengurangi biaya administrasi
  2. Meningkatkan efisiensi dan mengurangi kebutuhan storage
  3. Sangat mudah migrasi dari Database lain
  4. Support multi-platform

Kekurangan IBM DB2
  1. Platform Specified
  2. Tidak bisa download langsung dari IBM
  3. Speednya masih kalah dengan MySql dan Oracle

  • PostgreSQL atau Postgres


Merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh PosgreSQL Global Development Group. Tersedia dalam berbagai platform sistem operasi seperti Linux, FreeBSD, Solaris, Windows, dan Mac OS.
Berbagai macam kelebihan dan kekurangan PostgreSQL diantaranya

Kelebihan PostgreSQL
  1. PostgreSQL memiliki arsitektur multiproses (forking) yang berarti memiliki stabilitas yang lebih tinggi, sebab satu proses anak yang mati tidak akan menyebabkan seluruh daemon mati—meskipun pada kenyataannya, dulu ini sering terjadi.
  2. Dalam kondisi load tinggi (jumlah koneksi simultan besar), kecepatan PostgreSQL sering mengalahkan MySQL untuk query dengan klausa JOIN yang kompleks, hal ini dikarenakan PostgreSQL mendukung locking di level yang lebih rendah, yaitu row.
  3. PostgreSQL memiliki fitur OO seperti pewarisan tabel dan tipe data, atau tipe data array yang kadang praktis untuk menyimpan banyak item data di dalam satu record.Dengan adanya kemampuan OO ini maka di PostgreSQL, kita dapat mendefinisikan sebuah tabel yang mewarisi definisi tabel lain.
  4. PostgreSQL menyediakan hampir seluruh fitur-fitur database seperti yang terdapat dalam produk database komersial pada umumnya.
  5. PostgreSQL pun memiliki tipe data geometri (seperti titik, garis, lingkaran, poligon) yang mungkin berguna bagi aplikasi ilmiah tertentu
  6. PostgreSQL memberikan kita kemampuan mendefinisikan sebuah field sebagai array.
  7. PostgreSQL memiliki hampir semua fasilitas standar yang biasanya diinginkan: view (tabel virtual), trigger, subselek, stored procedure (dalam beberapa bahasa), dan foreign key constraint
  8. PostgreSQL juga memiliki apa yang disebut rule, yaitu tindakan custom yang bisa kita definisikan dieksekusi saat sebuah tabel di-INSERT, UPDATE, atau DELETE
  9. Postgres juga mempunayai kemampuan untuk membuat konektifitas dengan database lain seperti pgdump, Interbase, pgaccess dan hampir semua database pada Linux.

Kekurangan PostgreSQL
  1. kurang begitu populer dan cocok bekerja di lingkungan web jika   dibandingkan dengan mysql.
  2. Kurang fokus dalam hal kelangsingan dan kecepatan.
  3. Arsitektur dengan multiproses ini sulit diterapkan ke Windows, sebab Windows amat thread-oriented.
  4. PostgreSQL sendiri saat ini bisa dijalankan di Windows, tapi melalui lapisan emulasi Cygwin.
  5. Kurang unggul dalam hal ketersediaan fungsi built-in.
  6. Replikasi di PostgreSQL sendiri belum disertakan dalam distribusi standarnya.
  7. PostgreSQL sendiri terbatas hanya bisa melakukan penambahan kolom, penggantian nama kolom, dan penggantian nama tabel.

  • MongoDB


Merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh 10gen. Tersedia untuk berbagai platform sistem operasi dan dikenal telah digunakan oleh situs Foursquare, MTV Networks, dan Craigslist.
MongoDB hadir dengan beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu

Kelebihan MongoDB
  1. Performa yang ditawarkan MongoDB lebih cepat dibandingkan MySQL ini disebabkan oleh  memcached dan format dokumennya yang berbentuk seperti JSON
  2. Replikasi, adalah fitur yang sangat bermanfaat untuk backup data secara realtime. MongoDB sangat cocok digunakan untuk portal berita ataupun blog, namun belum cocok untuk digunakan pada sistem informasi yang berkaitan dengan keuangan karena MongoDB tidak mendukung transaction SQL
  3. Auto-sharding, merupakan fitur untuk memecah database yang besar menjadi beberapa bagian demi optimalisasi performa database. Penggunaannya sendiri sangat berguna ketika Anda memiliki website dengan database yang jutaan baris, sharding akan membantu memecahnya menjadi beberapa bagian
  4. MongoDB juga sudah mendukung C, C++, C#, Erlang, Haskell, Java, JavaScript, .NET(C# F#, PowerShell), Lips, Perl, PHP, Python, Ruby dan Scala
  5. Cross-platform, sehingga dapat digunakan di Windows, Linux, OS X dan Solaris
  6. Proses CRUD (Create, Read, Update, Delete) terasa sangat ringan
  7. Map/Reduce, akan sangat membantu ketika kita melakukan operasi agregasi. Dimana semua entry datangnya dari collection dan outputnya pun akan menjadi collection juga. Kalau di MySQL biasanya kita menggunakan query GROUP BY
  8. GridFS, spesifikasi yang digunakan untuk menyimpan data yang sangat besar

Kekurangan MongoDB
  1. MongoDB harus di instal di sebuah server , dan ketika kita menggunakan PHP anda juga harus merestart server anda driver mongoDB anda dapat digunakan oleh PHP
  2. Belum support di hosting, namun bisa diakali dengan menggunakan MongoHQ (untuk free terdapat limit sampai 16MB)

  • WebDNA


Merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat freeware, dikembangkan oleh WebDNA Software Corporation. Didesain untuk digunakan di web.
  • Apache Derby (sebelumnya dikenal sebagai IBM Cloudscape)

Merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Lazim digunakan di program Java dan untuk pemrosesan transaksi online.
  • Sybase


Merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat proprietary (komersial), dikembangkan oleh SAP. Ditargetkan untuk pengembangan aplikasi mobile.
  • CouchDB


Merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Difokuskan untuk digunakan di server web.
  • Redis


Merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Salvatore Sanfilippo (disponsori oleh VMware. Difungsikan untuk jaringan komputer.
  • Firebird


Merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Firebird Project. Lazim dijalankan di Linux, Windows dan berbagai varian Unix.
Kelebihan dan kekurang dari Firebird diantaranya:

Kelebihan Firebird
  1. Firebird memiliki user base kecil namun aktif, Firebird selalu lebih banyak memiliki fitur,
  2. Firebird merupakan DBMS yang relatif matang untuk digunakan, dan tujuannya menetapkan peletakan kembali Oracle dan SQL server dalam aplikasi komersil,
  3. Firebird memiliki user-base yang loyakl, dan merupakan produk bagus untuk bekerja dengannya, dan jika ia dapat meningkatkan kecepatan development-nya, seperti juga meningkatkan marketing-nya, akan menjadi pesaing yang kuat.

Kekurangan Firebird
  1. Replication engine (walaupun Firebird memiliki fitur lanjutan, yang menjaga identical copy dari live database). Ada proyek yang terjadi, banyak yang komersil, namun Open Source-nya sendiri terlihat tidak matang, atau terintegrasi ke dalam Firebird code utama.
  2. Firebird development relatif lambat, Firebird merupakan DBMS yang relatif matang untuk digunakan, dan tujuannya menetapkan peletakan kembali Oracle dan SQL server dalam aplikasi komersil.
Demikianlah akhir dari artikel saya kali ini mengenai teknologi pengolahan database, ternyata banyak juga ya artikel kali ini....tapi ga papa kok yang penting bermanfaat bagi sobat semua. dan jangan lupa ya untuk terus update artikel terbaru dari saya yang tentunya bermanfaat bagi sobat semua.
Tag : PENGETAHUAN
0 Komentar untuk "MACAM-MACAM TEKNOLOGI PENGOLAHAN DATABASE"

Back To Top