Tips & Trick Masalah Pemrograman

MENULIS PERINTAH-PERINTAH SQL DENGAN BENAR

Menulis Perintah-Perintah Sql Dengan Benar. Selamat sore sobat setia blog script-13.blogspot.com kembali lagi dengan saya dan dengan artikel terbaru dari saya mengenai cara menulis perintah-perintah sql dengan benar. Terkadangan kita sebagai programmer, DBA, ataupun database analisis harus dituntut untuk menulis perintah-perintah sql dengan baik dan benar, agar setiap user atau kita sendiri dapat dengan mudah untuk melakukan perbaikan jika ada suatu kesalah dengan statemen sql yang kita tulis.


Sebelum kita mengetahui cara untuk menulis perintah-perintah sql dengan benar ada baiknya kita mengetahui apa itu keyword, klausa, dan statemen.
  • Keyword merupakan sebuah elemen sql secara individu, sebagai contoh:
    SELECT dan FROM
  • Klausa merupakan bagian dari sebuah perintah sql, sebagai contoh:
    SELECT nama, npm dan FROM tb_mahasiswa
  • Statemen merupakan kombinasi dari dua atau lebih klausa, sebagai contoh:
    SELECT * FROM tb_mahasiswa WHERE nama=’galih’.

Setelah kita mengetahui apa itu keyword, klausa, dan statemen, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara kita untuk menulis perintah-perintah sql dengan benar. Pertama kita harus mengetahui aturan-aturan dasar untuk menilis perintah-perintah sql dengan benar, aturan-aturan dasar dalam menulis perintah-perintah sql dengan benar diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Perintah SQL tidak case sensitive
Maksudnya  dalam menuliskan statemen sql kita tidak perlu membedakan penulisan antara huruf besar ataupun hurus kecil karena sql tidak bersifat case sensitive, akan tetapi akan lebih baik jika kita menulis keyword dengan huruf besar karena dapat mempermudah kita dalam mencari keyword yang kita gunakan dalam penulisan statemen.
  • Perintah sql dapat ditulis dalam satu baris atau beberapa baris
Maksudnya dalam penulisan statemen sql kita dapat membuat setatement tersebut didalam satu baris ataupun beberapa baris yang sesuai dengan keyword dan klausa perintah-perintah sql.
  • Keyword tidak dapat disingkat ataupun dipisah
Maksudnya adalah setiap kita menulis statemen kita tidak dapat memisahkan keyword yang ada pada perintah sql karena jika keyword sql kita pisah maka statemen yang kita tulis tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dan sebagai contoh kita dapat memperhatikan gambar dibawah ini.

  • Klausa dapat ditulis pada baris yang berbeda
Maksudnya adalah jika kita menulis klausa perinta sql pada setiap baris yang berbeda maka kita akan lebih mudah untuk membaca statemen yang kita tulis. Dan sebagai contoh kita dapat memperhatikan gambar dibawah ini.

  • Tabs dan indent wajib digunakan
Maksudnya adalah membantu kita dalam membaca atau menemukan kode yang kita tulis. Dan sebagai contoh kita dapat memperhatikan gambar dibawah ini.


Itulah beberapa aturan yang dapat kita gunakan untuk menulis perintah-perintah sql dengan benar, jadi bagaimana sobat setia blog script-13.blogspot.com sekarang kita jadi lebih tahukan setiap cara atau aturan yang wajib kita gunakan dalam menulis perintah-perintah sql dengan benar.

Demikianlah artikel dari saya mengenai cara untuk menulia perintah-perintah sql dengan benar, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua, dan jangan lupa untuk menantikan artikel-artikel saya berikutnya yang tidak kalah bermanfaatnya bagi sobat semua.
Tag : PENGETAHUAN
1 Komentar untuk "MENULIS PERINTAH-PERINTAH SQL DENGAN BENAR"

Thanks broh informasinya, sangat membantu :)
http://goo.gl/YmsY8b

Back To Top