Tips & Trick Masalah Pemrograman

MEMBATASI DAN MENGURUTKAN DATA PADA SQL

Membatasi dan mengurutkan data pada sql. Selamat sore sobat script-13, kali ini kita akan membahas artikel mengenai batasan dan pengururtan data pada sql. Batasan danpengurutan data pada sql berfungsi untuk membatasi baris yang akan ditampilkan dengan menggunakan where clause, terdapat beberapa cara untuk melakukan pemmembatasi dan mengurutkan data pada sql diantaranya :
  • Menggunakan Operator Perbandingan

Operator perbandingan digunakan dalam kondisi yang membandingkan satu ekspresi dengan ekspresi yang lain, adapun operator perbandingan dalam sql dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



  • Menggunakan operator-operator pembanding

Operator pembanding digunakan untuk membatasai baris/record yang ingin ditampilkan berdasarkan range nilai tertentu (BETWEEN), berada dalam (IN), sesuai dengan (LIKE), dan nilai sama dengan null (IS NULL). Adapun operator pembanding dalam sql dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



Khusus dalam operator pembanding LIKE kita perlu menyandingkannya dengan beberapa symbol, dimana simbol-simbol penyanding untuk operator LIKE dapat kita lihat pada gambar dibawah ini.



  • Menggunakan operator-operator logika

Operator logika digunakan untuk mengkombinasikan hasil dari dua komponen kondisi untuk mendapatkan sebuah hasil atau mengubahnya menjadi sebuah kondisi tunggal. Pada operator logika terdapt beberapa operator yang dapat digunakan diantaranya seperti gambar dibawah ini.



  • Menggunakan Klausa order by

Klausa order by digunakan untuk mengurutkan baris/record secara default, dimana klausa order by ini terdapat dua operator yang dapat dugunakan seperti gambar dibawah ini.



Pada uraian diatas kita sudah mengetahui beberapa teknik/cara yang digunakan untuk membatasi dan mengurutkan data pada sql, lalu bagaimana cara kita untuk menerapkan teknik membatasi dan mengurutkan  data pada sql? Untuk itulah study kasus dibawah ini akan menjawab penerapak teknik membatasi dan mengurutkan data pada sql.
Pertama kita harus mempunyai sebuah database dan table database seperti gambar dibwah ini.



Gambar diatas saya buat dengan menggunakan nama database m1 dan nama tabel database tb_mhs.
Berikutnya kita akan menerapkan teknik untuk membatasi dan mengurutkan data pada sql.
1. Kita akan menampilkan NPM, nama_mhs, dan nilai uts yang lebih besar dari 80, maka statemennya adalah sebagai berikut.
SELECT NPM, nama_mhs, uts FROM tb_mhs WHERE uts > 80;
 Dan hasilnya dapat kita lihat pada gambar dibwah ini



2. Kita akan menampilkan NPM, nama_mhs, dan uts, dimana nilai uts yang akan kita tampilkan berada pada range 90 sampai dengan 100. Maka statemen yang digunakan adalah sebagai berikut.
SELECT NPM, nama_mhs, uts FROM tb_mhs WHERE uts BETWEEN 90 AND 100;
Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini



3. Kita akan menampilkan NPM dan nama_mhs, dimana nama_mhs yang akan ditampilkan mengandung huruf “D”. maka statemen yang kita gunakan adalah sebagai berikut.
SELECT NPM, nama_mhs FROM tb_mhs WHERE nama_mhs LIKE 'D%';
Dan hasilnya akan seperti gambar dibwah ini



4. Kita akan menampilkan NPM dan nama_mhs, dimana nama_mhs yang akan ditampilkan berada didalam nama_ruangan “J1110 dan J1210”. Maka statemennya adalah sebagai berikut.
SELECT NPM, nama_mhs FROM tb_mhs WHERE nama_ruangan IN (‘J1110’,’J1210’);
Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini



5. Kita akan menampilkan NPM dan nama_mhs, dimana nama_mhs yang akan ditampilkan yang memiliki uas 70 dan uts 90. Maka statemennya adalah sebagai berikut.
SELECT NPM, nama_mhs FROM tb_mhs WHERE uas=70 AND uts=90;
Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini



6. Kita akan menampilkan seluruh data yang ada dengan mengurutkanya berdasarkan nilai uas yang terbesar. Maka statemennya akan sebagai berikut.
SELECT * FROM tb_mhs ORDER BY uas DESC;
Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini



Ok itulah beberapa study kasus untuk menerapkan teknik membatasi dan mengurutkan data pada sql, bagaimana sobat script-13 apa kalian sudah mengerti mengenai teknik untuk membatasi dan mengurutkan data pada sql? Jika sudah silahkan sobat sekalian mengembangkan kembali statemen yang ada kedalam bentuk yang lebih kompleks. Jika sobat masih belum mengerti jangan menyerah untuk terus mencoba lagi agar cepat mahir menerapkan teknik membatasi dan mengurutkan data pada sql.

Sekian dulu artikel dari saya semoga bermanfaat bagi sobat sekalian, dan jangan lupa untuk terus update artikel terbaru saya yang tidak kalah bermanfaat bagi sobat semua. Bagi yang ingin mengajukan pertanyaan atau saran, sobat dapat mengisi formmkomentar dibawah atau menghhubungi langsung saya melalui form contact us yang ada.
1 Komentar untuk "MEMBATASI DAN MENGURUTKAN DATA PADA SQL"

terus cara export data yang telah sortir gimana bro?

Back To Top