Tips & Trick Masalah Pemrograman

OPERATOR-OPERATOR DALAM SCRIPT PHP

Operator dalam script PHP. selamat siang sobat pecinta setia artikel blog script 13, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai berbagai jenis operator yang ada pada script PHP. Terkadang kita dalam membuat sebuah pemrograman dengan menggunakan PHP, melupakan pentingnya sebuah operator dalam menyempurnakan program yang kita buat. Operator dalam PHP sendiri berfungsi untuk memanipulasi nilai. Dengan menggunakan berbagai jenis operator, maka sebuah fungsi dalam pemrogrman PHP yang kita buat dapat berjalan dengan baik dan juga mempunyai sifat yang dinamis. Nilai-nilai dalam sebuah operasi sering disebut dengan operan.


Dalam pemrograman menggunakan PHP, banyak sekali jenis-jenis operator yang harus kita ketahui sehingga dapat membuat program yang kita inginkan menjadi lebih baik dan lebih dinamis. Adapun berbagi jenis operator-operator yang dapat kita gunakan dalam pemrograman menggunakan PHP antara lain:
  • Operator Aritmatika

Operator aritmatika ini biasa digunakan pada operasi-operasi yang menggunakan fungsi matematika, misalanya penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Agar lebih jelas mengenai fungsi apa saja yang terdapat dalam operator aritmatika, maka kita dapat melihat pada gambar dibawah ini.

  • Operator Increment/Decrement

Operatror increment dan decrement merupakan sebuah operator yang memiliki fungsi penamabahan dan pengurangan dengan selisih 1 (satu). Apabila operator ini diletakan sebelum variabel, maka nilai variabel tersebut akan ditambah atau dikurangi dengan nilai 1 (satu) sebelum operasi yang kita buat dijalankan, dan apabila operator ini diletakan setelah variabel maka nilai variabel tersebut akan ditambah atau dikurangi dengan nilai 1 (satu) setelah operasi yang kita buat dijalankan. Pada gambar dibawah ini akan menjelaskan, apa saja yang terdapat pada operator increment dan decrement ini.


sebagai contoh dari operator increment dan decrement kita dapat memperhatikan potongan coding dibawah ini

<?PHP
// Operator incerement dan decrement
$a=1;
Echo "<br>Operasi ++\$a nilai \$a= ".++$a;
Echo "<br>Operasi \$a++ nilai \$a= ".$a++;
Echo "<br>Operasi --\$a nilai \$a= ".--$a;
Echo "<br>Operasi \$a-- nilai \$a= ".$a--;
?>

Hasil dari coding diatas jika kita menjalankannya pada browser maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.

  • Operator String

Operator string merupakan operator yang digunakan untuk menggabungkan teks, baik itu teks dengan sebuah variabel, maupun suatu teks dengan teks lainnya. Operator string ini akan dideklarasikan dengan memberikan tanda titik (.) diantara operan dalam suatu operasi, dan agar lebih jelas mari kita lihat contoh coding dibawah ini

<?PHP
// Operator String
$a = "Saat ini kita";
$b = "Belajar Operator-operator PHP";
$c = $a." ".$b;
Echo"<br>$c";
?>

Jika contoh coding diatas kita jalankan pada browser, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

  • Operator Bitwise

Operator bitwise ini berfungsi untuk menghasilkan nilai bilangan binary (bit), yaitu 1 (satu) dan 0 (nol). Pada gambar dibawah ini akan menjelaskan jenis operator apa saja yang terdapat pada operator bitwise.

Sebagai contoh dari operator bitwise ini dapat kita lihat pada contoh coding dibawah ini.

<?PHP
// Operator bitwise
$a=1;
$b=0;
$c= $a & $b;
$d= $a | $b;
$e= $a ^ $b;
Echo "<br>Operasi And = $c";
Echo "<br>Operasi Or = $d";
Echo "<br>Operasi Xor = $e";
?>

Hasil dari contoh coding diatas dapat kita lihat pada gambara dibawah ini.

  • Operator Perbandingan

Operator perbandingan adalah sebuah operator yang digunakan pada struktur operasi sebagai kontrol program, seperti if dan elseif, dimana dilakukan perbandingan antara dua pilihan nilai yang ada pada variabel yang telah ditentukan. Jenis-jenis operasi pada operator perbandingan ini dapat kita lihat pada gambar dibawah ini.

  • Operator Logika

Operator logika merupakan operator yang hampir sama dengan operator perbandingan karena memiliki fungsi yang sama yaitu untuk pengendali struktur program. Gamabar dibawah ini akan menjelaskan operasi apa saja yang terdapat pada operator logika ini.

  • Operator Presendence

Operator Presendence merupakan urutan dari operasi dimana operasi yang dijalankan harus sesuai dengan tingkatan operator. Berikut ini adalah gambar dari operasi prioritas eksekusi dari operator presendence.

Sebagai contoh mari kita simak coding dibawah ini

<?PHP
// Operator Presendence
$a=20;
$b=12;
$c=2;
$d= $a - $b * $c;
Echo "<br>Hasil dari \$d = $d";
?>

Dan apabila contoh diatas kita jalankan pada browser maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


pada gambar diatas akan menghasilkan nilai -4 bukan 16, itu karena operator * (perkalian) mempunyai level yang lebih tinggi daripada - (pengurangan), sehingga urutan operasinya adalah 12 dikalikan dengan 2 terlebih dahulu, kemudian dikurangi dengan 20.

Demikianlah akhir dari artikel mengenai operator dalam script PHP, semoga saja artikel kali ini bermanfaat bagi sobat script 13 semua. Dan jangan lupa untuk selalu update artikel terbaru dari saya yang tentunnya dapat bermanfaat dan membantu sobat semua dalam menemukan beragam tips dan trick mengenai dunia pemrogramaan. Akhir kata selamat sore dan selamat berakhir pekan.

2 Komentar untuk "OPERATOR-OPERATOR DALAM SCRIPT PHP"

Sekedar menyempurnakan materi diatas gan, karena PHP sudah mengalami banyak perkembangan, pembaruan dan penyempurnaan -->
Mengenal Operator PHP (Lebih interaktif disertai contohnya)

Back To Top