Tips & Trick Masalah Pemrograman

MEMPELAJARI DASAR-DASAR PHP PART AKHIR

dasar-dasar PHP part akhir. selamat siang sobat Script-13, akhirnya kali ini kita sudah sampai pada part terakhir dari mempelajari dasar-dasar PHP. Pada part akhir ini kita akan bermain denga menggunakan stringString didalam pemrograman biasanya digunakan untuk mengolah suatu inputan baik itu masukan yang diinput oleh user atupun yang diambil dari database. Biasanya penggunaan string ini digunakan untuk suatu alas an tertentu, seperti mencocokan password, validasi email, menapilkan text dengan format tertentu, dan masih banyak contoh lainnya.
1. Menghitung jumlah karakter dengan Sting
Menghitung jumlah karakter biasanya digunakan untuk mencari karakter yang hilang dalam sebuah kalimat ataupun kata, dan untuk menghitung jumlah karakter kita menggunakan fungsi string strlen(); seperti latihan28.php dibawah ini:

<?PHP
$kal = "saya suka belajar string";
$kar = strlen($kal);
            echo"jumlah karakter dalam variable \$kal = $kar karakter";

?>

Pada contoh diatas fungsi string strlen($kal); akan menghitung jumlah karakter yang berada didalam variable $kal, dan untuk hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:


2.Membandingkan 2 variable
Jika kita ingin login kedalam suatu sistem biasanya kita diharuskan untuk memasukan username dan password, dimana username dan password yang kita masukan harus sesuai dengan apa yang terdapat dalam database. Dan pada contoh latihan29.php dibawah ini kita akan mencoba mensimulasikan ketika kita memasukan username dan password yang ada pada database.

<?PHP
$user_asli="ndut_caca";
$user_in="ndut_caca";
$pas_asli="sukasuka";
$pas_in="sukasuka";
$user = strcmp($user_asli, $user_in);
$pas = strcmp($pas_asli, $pas_in);
            if ($pas != 1 && $user != 1)
                        {
                                    echo "username dan password anda benar";
                        }
            else
                        {
                                    echo "username dan password anda salah";
                        }

?>

Pada contoh diatas kita menggunakan fungsi string strcmp(); untuk membandingkan mencocokan isi dari variabele ($user_asli, $user_in) dan variable ($pas_asli, $pas_in), apabila hasil dari keempat variable tersebut sama, maka hasilnya akan seperti gambar seperti ini:




Jika hasil dari ke empat variable tersebut ada yang berbeda maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:



3. Mengkonversi text menjadi huruf besar dan huruf kecil
Jika kita ingin merubah text menjadi huruf besar semua atau huruf kecil semua itu sangatlah mudah, kita hanya perlu menggunakan fungsi string strtoupper(); dan fungsi string strtolower();. Dan untuk implemnetasinya dapat kita lihat pada contoh latihan30.php dan latihan31.php dibawah ini:

<?PHP
$text="ternyata mudah ya...!!!";
$konv=strtoupper($text);
            echo $konv;

?>

dan

<?PHP
$text="IYA PHP ITU MUDAH...!!!";
$konv=strtolower($text);
            echo $konv;

?>

Dan jika kita jalankan pada browser maka hasilnya adalah:



4. Menambah baris baru
Pada saat kita ingin membuat kalimat yang panjang dan memiliki beberapa baris, lalu kita joba jalankan ternyta apa yang kita ketik tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Maka fungsi string nl2br(); merupakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, karena fungsi string nl2br(); pada dasarnya akan menambahkan <br> pada setiap baris yang kita ketik, agar lebih jelasnya maka coba kita perhatikan contoh latihan32.php dibawah ini:


<?PHP
$kalimat="Saya sangat suka dengan pemrograman PHP,
karena pemrograman PHP itu mudah untuk dimengerti
dan sintaksnya pun mudah diingat.";
            echo nl2br($kalimat);

?>

Dan hasilnya apabila kita jalankan pada web browser adalah:



5. Memasukan nilai variable kedalam array
Jika kita memiliki sebuah kalimat dan kita ingin memecah dan memasukan kalimat tersebut kedalam elemen-elemen array yang nantinya dapat kita gunakan untuk kebutuhan tertentu, maka kita harus menggunakan fungsi string explode(), mari kita perhatikan contoh latihan33.php dibawah ini:

<?PHP
$kalimat="PHP sangat mudah untuk dipelajari";
$array= explode (" ", $kalimat);
            for ($x=0; $x<=4; $x++)
                        {
                                    echo "$array[$x] <br>";
                        }

?>

Dan hasilnya adalah:




Pada fungsi string explode() diatas kita menjadikan spasi sebagai pemisah untuk setiap elemen yang akan kita masukan kedalam array, agar lebih jelas lagi kita coba dengan pemisah yang berbeda seperti contoh latihan34.php dibawah ini:

<?PHP
$biodata="Galih Wisnu Permana,Bandung,1/januari/1992,jl. bima raya RT 01/02";
$array= explode (",", $biodata);
            for ($x=0; $x<=4; $x++)
                        {
                                    echo "$array[$x] <br>";
                        }

?>

Dan hasilnya adalah:




Kali ini pada contoh diatas kita rubah pemisah yang ada pada fungsi string explode() menjadi “,” sehingga kita dapat mengetahui perbedaan yang jelas atara contoh latihan33.php dengan contoh latihan34.php.

6. Menggabungkan array
Apabila fungsi string explode() bertugas untuk memecah nilai variable kedalam elemen-elemen array, maka fungsi string implode() bertugas sebaliknya yaitu menyatukan elemen-elemen array kedalam satu variable seperti pada contoh latihan35.php dibawah ini:


<?PHP
$kalimat= array("PHP", "sangat", "mudah", "untuk", "dipelajari");
$new= implode (" ", $kalimat);
            echo $new;

?>

Dan hasilnya adalah:




Bagaimana mudah bukan untuk memasukan array kedalam satu variable?. Selain dapat menyatukan array dengan tipe data yang sama, fungsi string  implode() juga dapat memasukan array dengan tipe data yang berbeda.

7. Mencari karakter
Biasanya jika kita dihadapkan pada suatu text yang banyak dan kita hanya ingin mengetahui posisi dari kata-kata tertentu, maka kita haruf menggunakan fungsi string strops();, sebagai contoh pada latihan36.php dibawah ini kita ingin mencari posis kata “PHP”, maka implementasinya adalah:

<?PHP
$kalimat="Saya sangat suka dengan pemrograman PHP";
$karakter="PHP";
$posisi=strpos($kalimat, $karakter);
            echo $posisi;

?>

8. Menampilkan sebagian isi string
Jika kita pernah memperhatikan sebuah artikel atau nomer telepon yang tidak menampilkan keseluruhan isinya, hal ini disebabkan karena sang penulis hanya mengambil sebagian isi dari artikel atau nomer teleponnya dengan menggunakan fungsi string substr();, dimana cara penulisannya adalah:


Substr(kalimat, nilai_awal, nilai_akhir atau range);

Dan untuk implementasinya mari kita perhatikan contoh latihan37.php dibawah ini:

<?PHP
$kalimat="Saya sangat suka dengan pemrograman PHP";
$potong=substr($kalimat, 5, 11);
            echo $potong;

?>

Dan hasilnya adalah:




Pada contoh diatas kita akan mengambil kata yang terpat setelah karakter ke-5 dengan banyak karakter yang kita ambil adalah 11 (substr($kalimat, 5, 11);).

9. Merubah karakter
Yang terakhir adalah bagaimana cara kita untuk merubah kalimat yang telah kita buat dengan menggunakan fungsi string str_replace();, dan bentuk umumnya adalah:

Str_replace(kata/kalimat_awal, kata/kalimat_pengganti, nama_variable)

Dan agar lebih jelasnya mari kita perhatikan contoh latihan38.php dibawah ini:


<?PHP
$kalimat="Saya sangat suka dengan pemrograman PHP";
$ganti=str_replace("sangat suka dengan", "menyukai", $kalimat);
            echo $ganti;

?>

Dan hasilnya adalah:


Pada contoh diatas kita akan mengganti kata “sangat suka dengan” menjadi “menyukai”, sehingga hasilnya kata yang tampil pada web browser adalah “menyukai".

Demikian akhir dari artikel mengenai dasar-dasar pembelajaran PHP ini, semoga dengan kalian membaca artikel ini dari awal hingga akhir, kalian akan lebih mudah untuk mempelajari pemrograman PHP kedepannya. Satu saran dari saya jika kita ingin menjadi seorang programer yang handal maka kita tidak boleh mengabaikan dasar-dasar dari pemrograman yang akan kita gunakan, karena dasar-dasar pemrograman merupakan pondasi yang sangat penting dalam pemrograman.

Sesuai dengan janji saya para sobat Script-13 pada artikel terakhir ini mengenai dasar-dasar PHP saya akan memberikan Ebook dan file-file latihan selama ini. dan link downloadnya adalah:

Ebook silahkan klik disini
file.php silahkan klik disini

terima kasih telah mengikuti artikel ini hingga akhir, dan jangan lupa untuk update artikel-artikel terbaru dari Script-13 yang tentunya akan sangat membantu kalian dalam masalah pemrograman.

1 Komentar untuk "MEMPELAJARI DASAR-DASAR PHP PART AKHIR"

Terimakasih kak penjelasannya sangat bagus saya bisa mengerti dasar php kunjungi juga darsonoaja.blogspot.com
Belajar PHP Dasar Bahasa indonesia ala darsonoaja.blogspot.com
di bawah ini
BelajarPHP|darsonoaja.blogspot.com

Back To Top