Tips & Trick Masalah Pemrograman

MEMPELAJARI DASAR-DASAR PHP UNTUK PEMULA PART-1

Mempelajari dasar-dasar PHP untuk pemula part-1.Selamat datang kembali sobat pecinta blog script-13, sudah lama sekali saya tidak menulis untuk memberikan informasi untuk kalian semua. Kali ini saya akan mengajak kalian semua untuk mempelajari dasar-dasar PHP sampai kalian semua mahir untuk membuat aplikasi kalian sendiri dengan menggunakan PHP.
Sebelum kita dapat menjalankan skirp PHP dan juga menggunakan MySQL, pertama-tama kita harus mengaktifkan Apache Server dan MySQL terlebih dahulu. Dimana jika kita ingin mengaktifkan keduanya kita harus membuka aplikasi XAMPP yang sebelumnya sudah kita install atau sudah terinstal, kemudian kita klik tombol start pada modules Apache dan juga MySQL seperti pada gambar dibawah ini:


Apabila tampilan XAMPP sudah terlihat seperti pada gambar diatas, itu tandanya kita sudah dapat menggunakan PHP dan MySQL.
Setelah kita mengaktifkan Apache Server dan MySQL. Langkah kedua yang kita lakukan adalah membuat sebuah folder dengan nama bebas, disini nama folder yang saya buat adalah belajar, kemudian folder tersebut disimpan dalam direktori khusus dengan default seperti dibawah ini:

C :\ xampp\htdocs\

Hal ini dikarenakan direktori default apache yang berfungsi untuk menjalankan PHP adalah C:\xampp\htdocs. Dan untuk memanggil folder yang telah kita buat, kita harus menggunakan browser seperti mozila firefox, internet explore, dan opera. Setelah kita membuka browser lalu kita isi address bar dengan:

http://localhost/belajar

Apabila folder yang kita buat telah terpanggil maka tampilannya akan seperti gambar ini:


1. Struktur Penulisan PHP

HTML dan PHP sangatlah berbeda, dimana pada penulisan baris code HTML anda harus menaruhnya diantara tag <html> dan tag </html> (disini saya asumsikan anda sudah menguasai HTML), sedangkan untuk penulisan baris code PHP anda harus menaruhnya diantara tag <?PHP dan tag ?> seperti contoh dibawah ini:

<?PHP
Echo”selamat belajar PHP”;
?>

Kemudian simpan coding diatas kedalam folder yang telah kita buat tadi dengan nama latihan1.php. Setelah itu panggil file yang telah kita simpan tadi dengan menuliskan Url dibawah ini pada addres bar browser anda:

http://localhost/belajar/latihan1.php

Dan hasilnya adalah


Sebagai tambahan agar kita dapat membaca coding PHP dengan mudah dan jelas maka kita harus mengaturnya sedemikian rupa. Dibawah ini merupakan contoh penulisan coding yang kurang baik:

<?PHP
//contoh penulisan coding yang kurang baik
$nama="Yasmin";
if ($nama="Yasmin")
{
echo"Kamu adalah $nama";
}
else
{
echo"kamu buka $nama";
}
?>

Pada penulisan coding diatas akan sulit dibaca apabila ada orang lain yang ingin melakukan perbaikan dari program yang anda buat, karena orang tersebut akan mengalami kesulitan dalam membedakan fungsi-fungsi dari coding yang anda buat. Jika anda ingin menjadi seorang programmer PHP yang handal, anda harus membiasakan untuk menulis coding PHP dengan baik dan benar seperti pada contoh dibawah ini:

<?PHP
//contoh penulisan coding yang baik dan benar
$nama="Yasmin";
if ($nama="Yasmin")
                {
                                echo"Kamu adalah $nama";
                }
else
                {
                                echo"kamu buka $nama";
                }
?>

Pada contoh diatas apabila kita perhatikan penulisan fungsi-fungsinya tersusun dengan rapih, sehingga apabila kita atau orang lain membacanya akan mudah membedakan fungsi-fungsi yang kita gunakan, dan tetntunya coding yang kita tulis enak untuk dilihat.

2. Penggabungan HTML dan PHP

Selain PHP dapat berdiri sendiri, PHP juga dapat digabungkan dengan HTML, dikarenakan perintah-perintah PHP digolongkan kedalam HTML-embedded. Sebagai contoh mari kita lihat coding PHP dibawah ini yang telah digabungkan dengan HTML:

<html>
<head>
                <title>latihan2</title>
</head>
<body>
Belajar PHP itu mudah
<br>
                <?PHP
                                echo "ini adalah latihan ke-2";
                ?>
</body>
</html>

Setelah itu kita simpan coding diatas dengan nama latihan2.php, sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini.


Pada koding yang kita tuliskan tadi penulisan perintah PHP kita taruh diantara tag <body> dan tag </body> sehingga perintah php tersebut dapat dijalankan.

Dengan demikian selesailah sudah artikel mengenai cara belajar PHP untuk pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat pecinta artikel blog  script-13, dan jangan lupa untuk selalu update part-part selanjutnya dalam artikel mengenai pembelajaran dasar-dasar php untuk pemula.




2 Komentar untuk "MEMPELAJARI DASAR-DASAR PHP UNTUK PEMULA PART-1"

Terimakasih penjelasannya sangat bagus dengan membaca diblog ini saya semakin mengerti materi PHP, kunjungi juga darsonoaja.blogspot.com
Belajar PHP Dasar Bahasa indonesia ala darsonoaja.blogspot.com

BelajarPHP|darsonoaja.blogspot.com

Back To Top