Tips & Trick Masalah Pemrograman

MEMPELAJARI DASAR-DASAR PHP UNTUK PEMULA PART-4

Dasar-dasar PHP untuk pemula part-4. Selamat datang kembali sobat pecinta blog script-13Saat ini kita akan masuk ke part-4 dalam mempelajari dasar-dasar PHP untuk pemula, dimana pada part-3 yang lalu kita telah membahas percabangan yang ada pada control flow PHP. Pada part-4 kali ini kita akan membahas macam-macam pengulangan (looping) yang ada pada control flow PHP. Pengulangan dalam PHP pada dasarnya dibagi menjadi 4 (empat), yaitu for, while, do-while, dan foreach, dan tanpa basa-basi lagi mari kita bahas ke-4 pengulangan tersebut secara tuntas

1. For

For atau dapat disebut juga dengan determinate loop, adalah salah satu pengulangan yang sering dipakai. Pada pengulangan for jumlah pengulangannya (iterasi) telah ditentukan diawal looping, sehingga dalam penggunaanya for ini dapat membuat semua menjadi lebih efisien. Sebagi contoh masilah kita melihat penulisan pengulangan for pada latihan10.php dibawah ini:

<?php
for ($i=1;$i<=10;$i++)
            {
                        echo"$i, ";
            }

?>

Kemudian kita coba jalankan coding diatas pada web browser, sehingga hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:


Pada coding diatas variable $i mempunyai nilai 1 (satu), dan apabila nilai variable $i kurang atau sama dengan (<=) 10 (sepuluh), maka nilai dari variable $i akan terus melooping ($i++) sampai mencapai hasil pengulangannya mencapai nila 10 (sepuluh).

Selain untuk membuat deret angka for juga dapat berfungsi sebagai penghitung seperti yang terlihat pada contoh latihan11.php dibawah ini.

<?php
$kata = "saat ini saya sedang belajar loop";
$huruf = "a";
$x = 0;
for ($i=0;$i<strlen($kata);$i++)
            {
                        if(substr($kata, $i, 1) == $huruf)
                                    {
                                                $x++;
                                    }
            }
echo "jumlah huruf $huruf dalam kata <br>";
echo $kata;
echo "<br>";               
echo "adalah $x";                   

?>

Dan gambar dibawah ini merupakan hasil dari penulisan coding diatas:


Pada contoh latihan11.php apabila variable $i kurang dari jumlah huruf dalam variable $kata yang telah dihitung dengan fungsi strlen(), maka variable $i akan terus melooping ($i++). Kemudian argument if akan mulai mengindeks posisi huruf yang ada pada variable $kata dengan menggunakan fungsi substr(), dan apabila hasil dari indeks tersebut sesuai dengan huruf yang dicari oleh variable $huruf maka variable $x akan dijumlahkan. Dan hasil akhir dari penjumlahan variable $x adalah jumlah huruf yang ingin dicari dalam kata yang ada pada variable $kata.

Dalam pengulangan for ada beberapa bagian penting yaitu:
  • Initialization expression yang digunakan sebagai counter (penghitung).
  • Stop condition yang digunakan untuk menghentikan pengulangan apabila kondisi bernilai false.
  • expression yang digunakan untuk menambah nilai counter.
  • Loop body yang merupakan perintah yang ingin dilakukan pengulangan.
2. While

Pengulangan while tidak terlalu jauh berbeda dengan pengulangan for, hanya saja pada pengulangan while penempatan nilai dan operatornya saja yang berbeda letaknya. Agar lebih jelas langsung saja kita lihat contoh latihan12.php dibawah ini:

<?php
$i=1;
while ($i <= 10)
            {
                        echo "$i, ";
                        $i++;
            }

?>

Setelah kita jalankan maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:


Pada coding latihan12.php nilai dari variable $i kita deklarasikan terlebih dahulu di luar pengulangan while, sedangkan dalam pengulangan while menyamakan nilai dari variable $i dengan kondisi yang kita butuhkan (<=10), kemudian tampilan akan mencetak (echo) nilai dari variable $i, setelah itu variable $i dijumlahkan terus-menerus ($i++) sampai kondisi terpenuhi.

Sama seperti pengulangan for, selain dapat membuat deret angka, pengulangan while juga dapat mencari jumlah huruf dari sebuah kalimat seperti pada contoh latihan13.php dibawah ini:

<?php
$kata = "saat ini saya sedang belajar loop";
$huruf = "a";
$x = 0;
$i = 0;
while ($i <strlen($kata))
            {
                        if(substr($kata, $i, 1) == $huruf)
                                    {
                                                $x ++;
                                    }
                        $i++;
            }
echo "jumlah huruf $huruf dalam kata <br>";
echo $kata;
echo "<br>";               
echo "adalah $x";       
?>

Pada contoh pengulangan while diatas yang membedakannya pengulangan for adalah kita terlebih dahulu mendeklarasikan isi dari variable $i diluar dari perulangan while, kemudian untuk sisa statementnya hampir sama saja dengan pengulangan for. Agar anda dapat melihat hasilnya silahkan anda jalankan latihan13.php diatas pada web browser dan hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah:


Pada pengulangan while hanya terdapat dua bagian, sehingga pengulangan while ini lebih sederhan dari pengulangan for:
  • Stop condition yang digunakan untuk menghentikan pengulangan apabila kondisi bernilai false.
  • Loop body yang merupakan perintah yang ingin dilakukan pengulangan.
3. Do-While

Pengulangan do-while merupakan modifikasi dari pengulangan while, sehingga bentuknya hampir sama dengan pengulangan while. Akan tetapi terdapat perbedaan antara pengulangan do-while dengan pengulangan while yaitu, letak dari while berada dibawah do dan diakhir pengulangan while harus diberi tanda ; (semicolon). Agar lebih jelas mari kita perhatikan contoh latihan14.php dibawah ini:

<?php
$i=1;
do
            {
                        echo "$i, ";
                        $i++;
            }
while ($i <= 10);
?>

Pada contoh latihan14.php diatas hampir sama dengan pengulangan while, tetapi yang membedakannya adalah kita terlebih dahulu mencetak hasil dan menghitung penjumlahan isi dari variable $i, baru kemudian pengulangan while akan mengecek kondisi yang dibutuhkan dengan hasil penjumlahan dari variable $i.

Gambar dibawah ini merupakan hasil dari latihan14.php yang telah dijalankan pada web browser:


Karena pengulangan do-while ini merupakan hasil modifikasi dari pengulangan while, maka untuk mengembangkannya sama saja dengan pengulangan while.

4. Foreach

Pada dasarnya pengulangan foreach adalah pengulangan yang dikhususkan untuk array, dan pada bagian ini kita belum membahas mengenai array jadi kita akan membahas secara singkat saja mengenail pengulangan foreach ini, karena pengulangan foreach merupakan salah satu control flow dari PHP. Mari kita perhatikan contoh latihan15.php dibawah ini:

<?php
$anak=array("Galih","Annisa","Mega","Dea");
foreach($anak as $val)
            {
                        echo $val;
                        echo"<br>";
            }

?>

Pada contoh diatas, kita mendefinisikan variable $nama tanpa harus mendefinisikan key secara tertulis. Dan variable $val merupakan variable perantara, kemudian pengulangan tersebut akan diulang sebanyak data yang ada pada variable $nama, sehingga kita tidak perlu menghitung berapa banyak perulangan yang harus dilakukan. Gambar dibawah ini merupakan hasil dari latihan15.php yang telah dijalankan:



Apabila kita ingin menuliskan key, mari kita perhatikan contoh latihan16.php dibawah ini:


<?php
$anak=array(1=>"Galih", 2=>"Annisa", 3=>"Mega", 4=>"Dea");
foreach($anak as $kunci => $val)
            {
                        echo "Urutan ke-$kunci adalah $val";
                        echo"<br>";
            }
?>

Pada contoh diatas variable $nama kita definisikan dengan key yang berbeda (1, 2, 3, 4), dan pada contoh diatas kita buat variable perantaranya adala $kunci =>$val dimana variable $kunci akan berisikan key, dan variable $val akan berisikan nilai dari array (Galih, Annisa, Mega, Dea). Hasil dari coding diatas adalah seperti gambar dibawah ini:


Itulah akhir dari artikel kali ini mengenai dasar-dasar PHP untuk pemula part-4, gimana apakah sudah ada yang mulai pusing atau semakin tertarik dengan pemrograman PHP?, jadi bagi sobat-sobat script-13 jangan lupa untuk selalu update part-part selanjutnya mengenai dasar-dasar PHP untuk pemula, karena pada part terakhir nanti akan ada bonus Ebook dan file-file latihan dari setiap part pembahasan dasar-dasar PHP untuk pemula.
1 Komentar untuk "MEMPELAJARI DASAR-DASAR PHP UNTUK PEMULA PART-4"

Terimakasih kak penjelasannya sangat bagus saya bisa mengerti dasar php kunjungi juga darsonoaja.blogspot.com
Belajar PHP Dasar Bahasa indonesia ala darsonoaja.blogspot.com
di bawah ini
BelajarPHP|darsonoaja.blogspot.com

Back To Top